Cross Column

Contoh Cross Column

February 16, 2010

Posting Tulisan Yang Baik

Posting Tulisan yang Baik

Posting tulisan yang baik bisa terealisasikan jika saja saya terus berlatih untuk menulis tulisan yang bermutu diblog ini. Setiap tulisan itu biasanya dipengaruhi berbagai macam situasi dan kondisi yang terjadi. Sehingga posting tulisan yang baik itu bisa dikatakan relatif atau tergantung mood dari penulis dan juga situasi kondisi saat penulis sedang menuliskan konten tulisan untuk diposting diblog. Saya juga merasa masih sulit untuk membuat tulisan yang baik tapi juga ingin berbagi sedikit cara agar tulisan kita lebih baik lagi dari sebelumnya.

Sebelumnya saya merasa belum pernah memiliki tulisan yang berbobot, atau setidak bisa dikatakan sangat informatif untuk dibagi ke para pembaca. Dari tulisan diblog saya yang terdahulu sampai tulisan di notes jejaring sosial seperti facebook pun masih bisa dibilang jauh dari informatif atau berguna untuk orang banyak. Tapi ya paling saya sudah berani menuliskan sesuatu yang saya baca lalu saya kutip dan saya beri sedikit 'bumbu' kata-kata sendiri untuk memperjelas makna kutipan yang saya gunakan, dan kata-kata saya ini yang menjadi kunci bahwa saya tidak hanya sekedar mengcopy dan mempaste tulisan ide dari orang atau penulis lain.

Mungkin kalau bisa saya samakan antara menulis artikel atau postingan yang baik itu seperti menulis skripsi atau sederhananya makalah. Walaupun tidak serumit skripsi atau makalah paling tidak artikel kita berisi permasalah dan solusi dari kita, atau pertanyaan dan jawaban kita. Bagaimana kita bisa menjawab permasalah dan pertanyaan tersebut ya kita bisa mengutip sedikit dari berbagai macam sumber yang menuju kepermasalahan yang sama, lalu kita modifikasi informasi dari sumber yang kita dapat dan kita buat sebuah solusi instan tapi tidak murahan. Sederhana tapi berguna. Layaknya membuat skripsi atau makalah kan!? Ya tapi untuk menggunakan informasi dari sumber juga harus sedikit berhati-hati.
  • Pertama, jangan mengambil keseluruhan artikel dari sumber, karena itu nanti disebut plagiat.
  • Kedua, jangan lupa menunjukkan identitas asli narasumber tersebut.
  • Ketiga, kata-kata kita harus lebih banyak dibandingkan kutipan yang kita ambil dari berbagai macam artikel tadi, karena ini kan tulisan yang kita buat bukan kumpulan kata-kata orang.
Lalu ketika kita ingin menulis sebaiknya harus dipersiapkan segala sesuatunya. Baik itu sarana, prasarana maupun fisik sang penulis pun harus dipersiapkan dengan baik. Untuk menulis diblog paling tidak ya harus ada komputer dan internetnya dong. Terus harus bisa ngetik juga paling nggak. Sediakan waktu yang cukup, jangan mepet-mepet, karena menulis itu butuh waktu untuk beripikir juga. Suasana yang tenang. Badan yang sehat. Jangan menulis ketika kita sedang sakit, bisa-bisa tulisan kita tidak akan selesai dibuat. Kalau bisa satu tulisan dibuat langsung selesai, jangan ada jeda atau diselingi kegiatan lain, karena bisa mempengaruhi mood penulis dan juga mempengaruhi kualitas tulisan itu sendiri. Jangan lupa, gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Boleh menggunakan bahasa santai, gaul dan sebagainya, tapi jangan lupakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan EYD. Karena dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar itu juga akan memperkaya kosakata berbahasa kita.

Sedikit tambahan mungkin berguna. Ada yang bilang untuk meningkatkan kualitas tulisan kita maka harus juga diimbangi dengan meningkatkan kualitas kita dalam membaca. Mungkin ada benarnya juga. Karena memang membaca itu sendiri adalah salah satu kegiatan mencari dan mengumpulkan informasi baik secara langsung maupun tidak langsung. Dan menulis adalah kegiatan berbagi informasi melalui tulisan. Jadi memang benar ada korelasi antara membaca dan menulis. Mari tingkatkan kegiatan kita membaca sebelum kita menulis artikel apapun itu. Dari kualitas bacaan yang kita baca akan meningkatkan tulisan kita menjadi tulisan yang baik.

Selamat Menulis. Mari kita buat Posting Tulisan yang Baik, Bermanfaat serta Mencerdaskan.


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Posting Tulisan Yang Baik"

Post a Comment