Cross Column

Contoh Cross Column

February 17, 2010

Jazakallahu Khairan

"Jazakallahu Khairan akhi...Wassalamu'alaikum" begitu biasanya diakhir dari sebuah sms yang dikirim oleh teman saya. Jazakallahu Khairan atau terkadang ada yang menyingkatnya menjadi 'jzk' atau 'jzkllh'. Kalau ada yang mengirim dengan singkatan itu bisa dipahami bahwa itu adalah singkatan dari kalimat Jazakallah. Pertama mendapatkan pesan singkat yang ada 'jzk' nya saya agak bingung, lebih tepatnya tidak mengerti apa arti dan maksudnya. Setelah ditelusuri lebih lanjut akhirnya saya paham juga. Karena segala sesuatu harus kita pahami terlebih dahulu baru kita tau apakah itu buruk atau baik. Saya ingin mencoba berbagi disini tentang arti kalimat Jazakallah ini. Saya bukan ahli bahasa arab, cuma tahu sedikit karena sering menggunakan kata-kata berbahasa arab sederhana seperti ini dan ada baiknya saya membagi ilmu dengan para pembaca di dunia maya.

Kalimat jazakallahu Khairan sendiri biasanya digunakan mirip dengan kalimat terima kasih, dalam bahasa arab terima kasih itu sama dengan Sukron. Hanya saja makna dari kalimat jazakallah khairan jauh lebih luar biasa dibanding dengan terima kasih atau sukron. Kalau di simak lebih dalam, Jazakallah kahiran itu gabungan dari beberapa kata 'Jaza', 'ka', 'Allah', dan 'Khairan'.
  • Jaza sendiri memiliki arti kurang lebih : semoga memberi, semoga membalas, semoga menambah.
  • Ka memiliki arti: kamu - untuk laki-laki tunggal.
  • Allah sendiri berarti menyebut nama Allah,
  • dan kata Khairan berarti kebaikan.
Jadi, Jazakallahu Khairan sendiri memiliki arti kira-kira : "Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan". Nah mungkin disini ada sedikit pertanyaan tentang kata Ka, yang merujuk kepada laki-laki tunggal. Pertanyaannya bagaimana jika orangnya perempuan atau jamak.
  • Untuk perempuan, kata 'ka' diganti menjadi 'ki' sehingga kalimatnya menjadi Jazakillah.
  • Jika orangnya banyak maka kata 'ka' diganti menjadi 'kum' dan kalimatnya berubah menjadi Jazakumullah.
  • Jazakumullah sendiri bisa digunakan untuk disampaikan kepada orang yang tunggal, biasanya untuk orang yang kita sangat hormati bisa mengucapkan Jazakumullah ini.
Kira-kira seperti itulah arti dari kalimat Jazakallah. Jadi sekarang kalau ada pesan singkat yang diakhiri dengan kalimat atau singkatan 'jzk' sudah tidak bingung lagi. Oh iya, untuk membalas bisa diucapkan kembali Jazakallah. Ada yang bilang cukup dengan 'Wa Iyakum' yang artinya 'Anda juga'. Tapi lebih baik menurut saya jika membalas dengan lengkap Jazakallah Khairan.

Mungkin sekian pembahasan singkat dan sederhana saya tentang kalimat Jazakallah Khairan. Berhubung saya juga tidak mengerti tentang bahasa arab, jika ada kesalahan mohon di beri koreksinya. Kalau ada yang bilang, udah ga bisa bahasa arab pake bahas beginian. Yah niat saya supaya bisa berbagi sedikit ilmu yang pernah saya pelaajari dan ingin rasanya penggunaan bahasa arab yang baik bisa meluas khususnya untuk diri pribadi, syukur2 kalau saya ada yang mengajarkan bahasa arab lebih lanjut, alhamdulillah... :)
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

11 comments: on "Jazakallahu Khairan"

Bayu said...

Alhamdulillah akhirnya saya menemukan juga.
Terima kasih atas pencerahannya yang sangat jelas.
Jazakumullahu khairan katsira

kisenda said...

langsung praktek.

jazakallah khairan akhi.
Informasiny.bermanfaat,

Anonymous said...

ilmu baru untuk saya,syukron
Jazakallah khairan :)

Anonymous said...

jazakAllahhu khairan

Anonymous said...

jadi mengerti skg,
jazakallahu khairan

niken woropalupi said...

alhamdulilah dapat ilmu baru.. syukron..

jazakallah khairan,,, :)

Anonymous said...

jazakallah khairan :)

Anonymous said...

makasih, ilmu yang sangat bermanfaat, ilmu bermanfaat salah satu dari 3 yang mengantar seorang muslim yang tidak terputus bagi muslim yang sudah meninggal

Unknown said...

terimakasih atas penjelasannya.
smoga ini akan bermanfaat bagi kita

Unknown said...

Jazakallah khairan. Jazakillah khairan. Jazakumullah khairan. Betul camni kan? ;-)

Unknown said...

Alhamdulillah.. baru tahu

Post a Comment